Skripsi
STRATEGI KADER POSYANDU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM POSYANDU DI DUSUN MANDALA BARAT GADU BARAT GANDING SUMENEP TAHUN 2020/2021
XML
Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting yang wajib dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Yang mana salah satu upaya menerapkan menjaga kesehatan tersebut adalah melewati kegiatan yang dilakukan di Posyandu. Dan posyandu sendiri merupakan salah satu jembatan pemerhati kesehatan masyarakat tingkat Desa. Kegiatan posyandu tersebut akan dianggap sukses apabila terdapat masyarakat yang ikut serta dalam kegiatannya. Mengingat permasalahan-permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat maka posyandu Dusun Mandala Barat Desa Gadu Barat menerapkan beberapa strategi khusus sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat hadir ke posyandu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan tujuan untuk mengetahui strategi strategi kader dalam upayanya meningkatkan partisipasi masyarakat dan implikasi terhadap masyarakat pasca menerapkan strategi-strategi tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan partisipaasi masyarakat adalah dengan menerapkan beberapa strategi yang sudah dianggap berhasil sebagai sarana menumbuhkan semangat masyarakat untuk hadir ke posyandu diantaranya adalah menerapkan Program Keluarga Harapan (PKH), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak kurang gizi, dan memanfaatkan Media Sosial sebagai tempat bertukar informasi antara masyarakat dengan kader posyandu.
Kata kunci : strategi kader posyandu, partisipasi masyarakat, posyandu.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Maisarah - Personal Name
|
Student ID |
2017178160027
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70231
|
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman : Perpustakaan STIDAR Sumenep., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Lembaga Penerbit
|
Doi |